Sabtu, 14 April 2012

POSISI DAN POTENSI OTAK MANUSIA


Pengetahuan seputar nikmat otak amatlah penting,Pasalnya,syarat untuk bersyukur haruslah berilmu,dengan ilmu tersebut akan merubah gerak hati yang selanjutnya akan membuahkan amal perbuatan.
Berbeda dengan hayawan,posisi otak manusia berada pada posisi tertinggi,yakni dibagian atas tubuh manusia yang terlindungi dengan kokoh di bagian dalam tengkorak kepala.Adapun hayawan posisi otaknya berada sejajar dengan bagian tubuh terhinanya,yakni perut dan dubur.
Hanya dengan memperhatikan posisinya saja tahulah kita bahwa otak manusia itu merupakan nikmat yang sangat luhur.Dan juga menjadi symbol bahwa dengan otak tersebut manusia menjadi lebih mulia melebihi makhluk ciptaan Tuhan lainnya.Karena itu maka bila ada manusia yang tidak mau menggunakan akal pikirnya dengan benar dan menyia-nyiakan nikmat yang paling luhur itu,nilainya akan jatuh lebih rendah dari hayawan.
POTENSI OTAK MANUSIA.
Otak manusia sangat banyak menyimpan potensi,diantaranya:
1.Sebagai penyalur energi terbesar bagi tubuh.Meskipun ukuran otak hanya sebesar 2 persen dari keseluruhan berat badan manusia,tapi seluruh kegiatantubuh dikontrol oleh organ yang bernama otak ini.komunikasi antara sel dan jaringan dikendalikan oleh otak.
2.Sumber pengetahuan dan teknologi.Meskipun besar fisik otak itu tidak seberapa,namun otak sangat penting bagi perkembangan hidup di dunia.Ilmu pengetahuan dan teknologi yang diciptakan manusia,semuanya berasalo dari olah pikir yang berpusat di otak.
3.Baru 10 persen yang digunakan oleh kebanyakan manusia.Menurut para ilmuwan di Sanford Research Institute,kebanyakan manusia itu baru menggunakan 10 persen dari kemampuan otaknya.Dan dari 10 persen itu sebagaian besar hanya mengoptimalkan belahan otak kiri.Dari sini sebenarnya bias kita ketahui mengapa banyak manusia yang menjadi sters,masih binggung menghadapi berbagai macam persoalan.Hal ini disebabkan karena kebanyakan hanya mengoptimalkan sebagaian kecil dari fungsi otaknya,sedangkan bagian yang lainnya tidakdimanfatkan (90 persen lainnya masih dianggurkan ).
4.Mempunyai memori yang super hebat.Otak manusia memiliki memori sebesar 30-70 Triliun giga dan dapat menyimpan 100 miliar bit informasi.
5.Lebih canggih dari computer tercanggih saat ini.Otak manusia memiliki sekitar 200 miliar sel otak dan mempunyai lebih dari 100 triliun kemungkinan koneksi atau sambungan.Dan ini ukurannya lebih canggih dari pada computer tercanggih saat ini.
6.Mempunyai kekuatan yang luar biasa.Bila kekuatan pikiran itu difokuskan,bias mempunyai kekuatan yang luar biasa,sampai bias mempengaruhi alam sekitar.Fenomena ini sudah sering kita ketahui dari para magician dan juga dikupas tuntas dalam buku “The Secret”.
7.Pengendali pikiran,emosi dan kecerdasan.
STRUKTUR DAN FUNGSI OTAK
Berdasarkan fungsinya,otak manusia terbagi menjadi beberapa bagian.Berikut struktur otak beserta fungsinya.
Pembagiannya,ada otak reptile,otak limbic atau mamalian dan otak neocortex.Adapun fungsinya:

OTAK REPTIL (SATPAMNYA OTAK )
Sistem pengamanan otak kita,utamanya dikendalikan oleh sistem atau otak reptile kita.Otak reptile ini terletak dilapisan paling dalam dari sel otak kita.Ia bekerja secara instinctive otomatis.Pada situasi aman ia bekerja dengan cara normal,seperti biasanya kita.Sedangkan dalam situasi berbahaya atau mengancam ia bekerja dengan cepat dan mengerahkan seluruh kekuatan untuk melawan bahaya atau melarikan diri menghindari bahaya.Untuk keperluan belajar dan berpikir kreatif,mestinya Otak reptil dikondisikan aman.Karena dengan kondisi aman,otak reptil mampu bekerja dengan baik dan mendukung bagian otak lain untuk belajar serta memungkinkan untuk lebih berani mengungkapkan ide-ide baru,sehingga berkembanglah pemikiran-pemikiran kreatif.Sementara itu dalam situasi terancam otak reptile akan memberontak.Termasuk hal-hal yang mengancam otak reptile adalah rasa takut dan cemas.
OTAK LIMBIK/MAMALIAN (MANAGERNYA OTAK)
Terdapat dibagian luar dari lapisan otak reptile.Otak mamalia berfungsi mengendalikan emosi dan perasaan kita.Pada situasi yang membosankan dan jenuh,otak mamalia bekerja secara negative.Sebaliknya apabila otak mamalia kita dibuat tergugah,termotivasi,terpancing dan bersemangat maka kita akan mampu menyelesaikan beragam persolan dengan lebih baik.Jadi dalam memaksimalkan kerja otak ini haruslah dalam suasana yang pas dan semangat.
OTAK NEOCORTEX (DIREKTURNYA OTAK)
Berada dilapisan luar dari otak mamalia dan ini hanya dimiliki oleh manusia tidak lain makhluk lain.Dengan otak neocortex manusia mampu membaca dan menulis puisi,mampu melakukan perhitungan yang rumit,menyusun rumus-rumus dan sebagainya.Tak ada satu pun binatang yang mampu melakukannya.Satu hal penting yang harus digaris bawahi adalah otak neocortex ini dapat bekerja secara optimal jika didukung oleh dua lapisan otak didalamnya yaitu mamalia dan reptil.Neocortex dapat berpikir secara kreatif jika emosinya senang,bersemangat,termotivasi dan instingnya merasa ama.Sebaliknya otak neocortex tidak dapat bekerja dengan baik jika otak mamalia bosan dan otak reptil terancam. (Kebaikan Yang Bercabang-cabang)


1 komentar: